Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

Thursday, 26 April 2012

Inilah Sebab Mengapa Kertas dapat Menguning

ROMA - Seiring waktu berjalan, kertas berubah warna menjadi kuning. Ini hal yang wajar dan tak banyak yang mempertanyakan. Sebenarnya, mengapa kertas berubah warna?
Mosca Conte dari Universita di Roma Tor Vergata berusaha menguak alasannya lewat penelitian. Hasil riset dipublikasikan di jurnal Physical Review Letters.
Untuk melakukan penelitian, Conte menggunakan tiga sampel yang tak diputihkan. Kertas tersebut dimasukkan dalam reaktor dengan kondisi mirip kondisi lingkungan selama 48 hari.
Conte kemudian membandingkan kertas tersebut dengan tiga kertas bertulisan yang berasal dari abad ke-15. Teknik ini memungkinkan peneliti mengungkap apa penyebab perubahan warna kertas.
Peneliti menuturkan, kertas terdiri atas 90 persen selulosa. Seiring waktu, bahan penyusun dinding sel tumbuhan itu teroksidasi.
Menurut Conte, oksidasi mampu mengubah susunan beragam molekul dan mengubahnya menjadi sesuatu yang disebut chromophores, yang menyerap cahaya.
Kertas terlihat putih karena memantulkan semua cahaya. Kertas tua memantulkan cahaya dalam panjang gelombang tertentu, yang menbuatnya terlihat kuning.
Hasil studi ini memungkinkan pihak terkait melakukan langkah memelihara kertas, dan bahkan memutihkan teks dan kesenian tua.
»» Read More.....

Anjing Ini Menolak Makan Setelah Pemiliknya Meninggal

 

Seekor anjing bernama Cai Xi'er mati setelah menolak makan pascakematian pemiliknya bernama Wang Shuqun pada 31 Maret lalu di Zigong, Provibsi Sichuan, China. Demikian dilansir Chengdu Business Daily, awal pekan ini.
Anjing malang ini terus menerus berlari mengelilingi peti mati majikannya yang berusia 88 tahun sepanjang malam seolah tahu jika majikannya akan meninggalkan dirinya selamanya. Teman dan sekaligus keluarga Wang Shuqun menangis melihat kejadian itu.
Xi'er, yang merupakan anjing betina, mati setelah 16 hari tak makan dan minum dan dikuburkan bersebelahan dengan pemiliknya.
Wang membawa anjing yang baru berusia dua bulan saat itu dari keluarganya dua tahun silam dan hanya Xi'er yang menjadi teman bagi nenek tua itu.
Nenek ini membuat makanan yang dibuat dari berbagai bahan dan buah-buahan untuk anjing betina itu dan membangunkannya setiap pagi dengan menyalak kencang serta membawa kardus susu jika Wang lupa memberikannya minum.
»» Read More.....