Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

Tuesday, 5 November 2013

Inilah Pasar Paling Berbahaya se-Dunia


Sekilas, Pasar Maeklong di Thailand terlihat sama seperti pasar tradisional lainnya, menjual buah dan sayuran. Tapi ternyata, pasar ini adalah yang paling berbahaya di dunia. Bayangkan, lapak dagangannya cuma 2 cm dari rel kereta.

Pasar Maeklong atau yang juga biasa dikenal dengan nama Pasar Kereta Api Maeklong adalah pasar tradisional di Samut Songkhram, Thailand. Pasar ini dikenal sebagai yang paling berbahaya di dunia. Bukan karena barang yang dijualnya, tapi karena lokasinya yang sangat dekat dengan rel kereta api.
Jika biasanya pasar hanya mengambil lahan di bantaran rel, sekitar 5-10 meter dari rel, tapi pasar ini cuma butuh 2 meter untuk menggelar lapaknya. Bukan hanya itu, pedagang di sini juga mendirikan tenda hingga ke tengah rel. Lalu, bagaimana jika kereta datang?

Seperti yang detikTravel lihat dari situs Migrationology, Kamis (3/1/2013), Pasar Maeklong seperti akan 'membeku' saat kereta datang. Para pedangang dan pembeli seakan sudah lihai dengan semua itu. Begitu sirine berbunyi tanda kereta akan datang, semua bersiap. Para pembeli akan melipir ke tempat paling aman yang jauh dari kereta. Sedangkan pedagang akan merapihkan tenda mereka.
Uniknya, tenda yang mereka buat memang sengaja didesain untuk bisa dilipat. Mereka hanya perlu menggotong tiang tenda jauh dari rel. Sedangkan barang dagangannya tidak ada yang disingkirkan.

Kereta akan berjalan pelan, sekitar 15 km/jam. Bagian bawah kereta hampir menyentuh barang dagangan di pasar ini. Para pendagang seakan sudah fasih menaruh barang jualannya agar tidak terkena kereta, walau hanya dengan jarak 2 cm dari rel.

Setelah kereta melintas, para pedagang akan menggelar lagi tenda mereka. Pembeli berdatangan, aktivitas pasar normal kembali. Para pembeli akan menjadikan rel sebagai jalan setapak untuk mereka, berpindah dari toko yang satu ke toko lainnya.
Sebenarnya, sudah berulang kali pemerintah setempat berusaha mengusir para pedangang. Tapi apa boleh buat, penjual di pasar ini mengaku mereka sudah menempati tempat ini lebih dulu jauh sebelum rel dibuat, yaitu pada tahun 1905.

Setiap harinya, pasar ini akan dilalui kereta sebanyak 7 kali. Pagi hari ada 4 kereta yang lewat, dan sisanya siang dan sore hari. Para pedangan seperti sudah hapal dengan jadwal lewatnya kereta. Jadi, mereka sudah siap untuk merapikan tendanya. Apakah Anda berani berbelanja di pasar ini???

»» Read More.....

Jembatan ini Benar-Benar Miring


 Gateshead Millennium Bridge, terlihat sangat berbeda bila dibanding dengan bentuk umum jembatan yang ada di muka Bumi ini. Ia terdiri atas 2 kurva yang saling terhubung dengan puluhan kawat-kawat baja, dan berbentuk mirip dengan mata dan kelopaknya yang hendak berkedip.

Karena bentuk 2 kurva itulah maka jembatan ini juga dikenal dengan nama Blinking Eye Bridge atau jembatan ‘Mata Berkedip’. Jembatan tersebut menghubungkan tepian sungai Tyne, Inggris tepatnya berada di kota Gateshead.

Hanya pejalan kaki dan pengendara sepeda kayuh saja yang diperbolehkan melintasi jembatan tersebut, karena daya tahannya yang memang tak begitu kuat untuk dilintasi mobil atau kendaraan berat.

Yang unik lagi dari jembatan ini adalah, selain memiliki kemiringan yang ekstrem, desainernya merancang agar ia dapat berputar (mengedip) hingga 40 derajat setiap 45 menit.

Bila angin bertiup kencang dan membahayakan bagi rancang bangunnya, maka jembatan tersebut pun dapat berputar ke posisi yang aman. Demikian pula apabila ada kapal yang hendak melintas di aliran sungai Tynes.

Keadaan tersebut yang menyebabkan kemiringan jembatan dapat berubah ekstrim, walau masih boleh dilewati oleh pelintasnya.

Karena desain unik dan modern tersebut jembatan ini berhasil memenangkan beberapa penghargaan diantaranya adalah RIBA Stirling Prize pada 2002.

Dengan tata lampu yang keren, maka jembatan ini juga jadi salah satu landmark pariwisata di negara tersebut

Beberapa Gambar yg ane ambil dari Google:

»» Read More.....